Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat dibangun bertujuan sebagai bentuk penghargaan terhadap para pahlawan yang memerdekakan rakyat Jawa Barat. Pada awal pembangunan, rekapitulasi pengunjung museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat masih jauh dari yang diharapkan, padahal menurut Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, telah melakukan berbagai upaya untuk memperkenalkan monumen itu sendiri.
Maka, dari permasalahan tersebut penelitian ini difokuskan pada pengenalan Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat melalui media pengenalan di bidang lain, yaitu bidang fesyen. Proses penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Dimana pada metode kuantitatif, peneliti menyebar kuisioner online yang berisi tentang pengetahuan masyarakat mengenai keberadaan Monpera. Untuk memperkuatnya dilengkapi dengan observasi atau wawancara (kualitatif). Peneliti melakukan observasi lapangan dengan mengunjungi Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat dan melakukan wawancara.
Perancangan ini menghasilkan sebuah inovasi baru yaitu komposisi motif baru melalui teknik digital printing yang diterapkan pada busana ready-to-wear dengan menggunakan penggayaan doodle art. Dimana pada upaya-upaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, belum mencoba media pengenalan di bidang fesyen.
Kata kunci: Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Motif, Ready-to-Wear