Aplikasi Pemesanan Karet Berbasis Web merupakan salah satu aplikasi yang dapat membantu pelanggan untuk memesan karet secara online, khususnya untuk pelanggan CV HFM. Mengapa Aplikasi Pemesanan Karet Berbasis Web ini dibuat? Karena ada beberapa masalah yang terdapat di CV HFM yaitu jika pelanggan ingin memesan karet maka sales atau salah satu karyawan CV HFM harus survey ke tempat client untuk berbicara soal karet tersebut bersama client, masalah yang kedua adalah pelanggan masih belum dapat memonitoring data pesanan, masalah yang ketiga yaitu dalam hal proses pembayaran, pelanggan masih harus bertemu dengan pihak CV HFM disuatu tempat, misalkan bertemu di titik tertentu, seperti layanknya COD an atau mengambil barang di tempat yang telah ditentukan. Solusi yang diberikan yaitu dengan dibuatnya Aplikasi Pemesanan Karet Berbasis Web yang dapat membantu perusahaan dalam mengolah data pesanan, membantu pelanggan dalam memesan karet secara online, membantu pelanggan untuk dapat memonitoring data pesanan dan membantu pelanggan untuk dapat konfirmasi pembayaran. Proses membangun solusi adalah dengan cara menggunakan metodo prototyping, mengapa menggunakan metodo tersebut? Karena metodo ini dapat membuat client dan developer menjalin komunikasi yang baik, penerapan dari sistem menjadi lebih mudah untuk dilakukan, efisiensi biaya dan waktu, serta client dapat memberikan masukan terhadap sistem sesuai dengan kemauannya. Hasil yang di dapat dari menggunakan metodo prototyping ini adalah banyaknya masukan yang didapat dari client yang akan membangun developer untuk akan terus berinovasi dalam berfikir.
Kata Kunci: pemesanan, pelanggan, prototype.