ROLE PLAYING GAME(RPG) PEMBELAJARAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM (STUDI KASUS : SMA MUTIARA BARU)

FIRMAN HIDAYAT

Informasi Dasar

191 kali
19.06.069
794.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

RPG “Pembelajaran Pemanfaatan Sumber Daya Alam” kelas XI SMA adalah game edukasi berbasis desktop yang dibuat dengan tujuan pembelajaran Geografi untuk siswa Sekolah Menengah Atas Mutiara Baru di Bekasi. Menurut dari hasil kuesioner dapat di simpulkan bahwa siswa/siswi SMA Mutiara Baru Bekasi terkadang merasa bosan dan jenuh ketika mempelajari mata pelajaran yang kurang mereka minati. Maka dibuatkan RPG “Pembelajaran Pemanfaatan Sumber Daya Alam” dengan menggunakan aplikasi RPG Maker MV dan game dibuat berjudul “Natural Resource Adventure”. Game ini memiliki beberapa fungsionalitas pembelajaran dengan gambar, suara, membaca materi, menjawab pertanyaan, dan pertarungan. Pada pengerjaan game digunakan metode pengerjaan Waterfall yaitu, analisis kebutuhan, desain sistem, pengkodean, implementasi, pengujian. Pada pembuatan soal dan materi diambil dari buku Yudhistira yang digunakan di SMA Mutiara Baru Bekasi sebagai acuan dalam pembuatan game.

Kata Kunci: Aplikasi,Sumber Daya Alam, RPG, Geografi, Waterfall.

Subjek

GAMES
 

Katalog

ROLE PLAYING GAME(RPG) PEMBELAJARAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM (STUDI KASUS : SMA MUTIARA BARU)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIRMAN HIDAYAT
Perorangan
Pramuko Aji, Wahyu Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • DMH3E4 - PROYEK AKHIR
  • VSI3H4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini