Taman Bougenville merupakan destinasi wisata alam di gunung Puntang, Kabupaten Bandung. Tempat rekreasi ini memberikan suasana alam terbuka kepada wisatawannya sehingga wisatawan merasa santai dan terbebas dari kegiatan sehari-hari yang menjemukan. Hal yang disediakan oleh Taman Bougenville merupakan faktor pendorong bagi wisatawan yang kemudian menciptakan motivasi bagi wisatawan untuk berwisata. Faktor pendorong muncul dari dalam diri sendiri setiap individu untuk melakukan suatu perjalanan ke suatu tempat atau dapat dikatakan destinasi wisata, hal ini merupakan faktor internal karena muncul dari dalam diri. Setelah menemukan faktor pendorong di tempat wisata Taman Bougenville, penulis memaparkan dalam penelitian ini apa yang menjadi faktor pendorong wisatawan di Taman Bougenville, serta yang memotivasi wisatawan untuk berwisata ke Taman Bougeville dengan menerapkan metode kualitatif deskriptif, dan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, studi dokumentasi yang menghasilkan faktor yang mendorong wisatawan untuk berwisata dan motivasi wisatawan di Taman Bougenville. Dari penelitian yang dilakukan, faktor pendorong yang ada di Taman Bougenville terdiri dari escape, relaxation, play,dan strengthening family bones. Dari empat aspek tersebut, memunculkan motivasi fisik, fantasi, dan sosial. Tiga motivasi tersebut mengerucut ke motivsi rasional dan emosional. Hasil yang didapat adalah faktor pendorong yang dominan di Taman Bougenville adalah faktor strengthening family bonds dan relaxation, sementara untuk motivasi wisatawan yang dominan adalah motivasi sosial.
Kata Kunci: Faktor Pendorong, Motivasi Pengunjung, Taman Bougenville.?