Pengaruh E-Servicescape terhadap Trust dan Dampaknya pada Repurchase Intention (Studi pada Pengguna GO-FOOD di Jabodetabek)

ZAKWANNUR

Informasi Dasar

135 kali
19.04.292
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

# Abstrak

Penyedia jasa transportasi online menciptakan aplikasi dengan berbagai fitur demi kenyamanan konsumen. Setiap aplikasi memiliki ciri khas tampilannya masing-masing yang merupakan lingkungan tempat konsumen melakukan transaksi, selanjutnya disebut E-Servicescape dalam penelitian ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari dimensi E-Servicescape terhadap kepercayaan dan minat konsumen melakukan pemesanan ulang suatu jasa. Objek penelitian adalah layanan jasa GO-FOOD pada aplikasi GO-JEK. Lingkup penelitian terbatas khusus pengguna GO-FOOD di Jabodetabek. Sampel penelitian ini adalah 400 responden yang pernah melakukan pembelian produk melalui GO-FOOD yang didapat dengan teknik penarikan sampel purposive sampling.

Variabel yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada tiga dimensi berdasarkan kerangka E-Servicescape, yaitu: Aesthetic Appeal, Layout and Functionality, dan Financial Security. Variabel ini diuji untuk mengidentifikasi apakah variabel tersebut mempengaruhi variabel kepercayaan konsumen (Trust) yang mengarah pada variabel minat melakukan pembelian ulang (Repurchase Intention). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Persamaan Struktural (SEM), Analisis Jalur, dan Analisis Faktor Konfirmatori (CFA).

Seluruh hipotesis terbukti positif dan didukung dalam penelitian ini. Aesthetic Appeal, Layout and Functionality, dan Financial Security secara signifikan berpengaruh positif terhadap Trust. Trust secara signifikan berpengaruh positif terhadap Repurchase Intention. Hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi pengembang aplikasi dan situs web serta bagi penelitian lebih lanjut di bidang yang sama.


Kata kunci: e-servicescape, mobile application, kepercayaan, minat beli ulang, layanan pesan antar makanan.


Subjek

MARKETING
 

Katalog

Pengaruh E-Servicescape terhadap Trust dan Dampaknya pada Repurchase Intention (Studi pada Pengguna GO-FOOD di Jabodetabek)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZAKWANNUR
Perorangan
PUSPITA KENCANA SARI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini