Di era yang serba digital ini hampir segala hal dapat diakses secara daring, termasuk juga pendidikan. Proses pembelajaran daring atau E-learning sudah mulai berkembang secara luas di Indonesia. Salah satu keuntungan dari E-learning adalah dapat digunakan sebagai media pembelajaran interaktif sehingga siswa tidak hanya menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru atau tutor, namun juga dapat berinteraksi dan bereksperimen dengan media belajarnya. Selain itu, sistem pembelajaran daring juga memberikan pengalaman berbeda dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan mampu menarik minat siswa dalam belajar dan meningkatkan prestasi siswa. Dalam tugas akhir ini, E-learning dibangun menggunakan platform Learning management system (LMS) Moodle dan dilengkapi dengan konten belajar interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan serta mengukur performansi dari E-learning berbasis Moodle dan membandingkan metode belajar konvensional dengan metode pembelajaran E-learning. Hasil dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan dalam indeks prestasi kumulatif nya dan mampu memahami materi pembelajaran dengan lebih baik dibandingkan cara belajar konvensional.
Kata kunci: E-learning, Moodle, pembelajaran interaktif