Kredibilitas Informasi pada Media Sosial Facebook dengan Mengggunakan Analytical Network Process dan Naïve Bayes Classifier

ADITYA RESTU PRATAMA

Informasi Dasar

81 kali
19.04.361
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Media sosial merupakan salah satu dari perkembangan teknologi media informasi dan komunikasi. Facebook merupakan salah satu jenis dari Media Sosial yang digunakan untuk saling bertukar pesan(chat), membuat dan menyebarkan postingan informasi dan unggah(upload) video dan foto kemudian dibagikan ke beranda Facebook. Setiap Informasi yang tersebar di Facebook bisa bernilai benar atau salah. Kredibilitas informasi merupakan sebuah tingkat kepercayaan pada sebuah informasi. Beberapa peneliti yang meneliti tentang kredibilitas informasi. Untuk itu, dilakukan penelitian pada kredibilitas informasi. Metode yang digunakan adalah pembobotan Analytical Network Process(ANP), dan Naive Bayes Classifier. Pembobotan ANP digunakan untuk mencari nilai bobot dari atribut yang menunjang penelitian dan naïve bayes classifier untuk memprediksi dataset dan mengevaluasi nilai akurasi. Pengujian dilakukan sebanyak 3 kali, pengujian data numerik dengan nilai bobot ANP dan tanpa nilai bobot, pengujian pengaruh diskritisasi, dan pengujian komposisi atribut. Dari hasil pengujian, nilai akurasi terbaik menggunakan pengaruh diskritisasi dengan proses bobot ANP pada skenario 90:10 yang mempeloreh nilai akurasi 99.85%.

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

Kredibilitas Informasi pada Media Sosial Facebook dengan Mengggunakan Analytical Network Process dan Naïve Bayes Classifier
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADITYA RESTU PRATAMA
Perorangan
ERWIN BUDI SETIAWAN, Z K ABDURAHMAN BAIZAL
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CNH4E3 - DATA MINING

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini