ABSTRAK
Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kabupaten Subang yang selanjutnya kami sebut sebagai PLUT KUMKM Subang merupakan lembaga yang menyediakan jasa-jasa non-finansial secara menyeluruh dan terintegrasi bagi koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah dalam upaya meningkatkan kinerja produksi, kinerja pemasaran, akses pembiayaan, pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui peningkatan kapasitas kewirausahaan teknis dan manajerial, serta kinerja kelembagaan dalam rangka meningkatkan daya saing KUMKM yang berada di Kabupaten Subang.
Tujuan penelitian ini untuk mengukur efek atau dampak variabel Innovation Culture terhadap Marketing Inovation, Innovation Culture terhadap Product Innovation, Marketing Innovation terhadap Product Innovation, Marketing Innovation terhadap Market Performance, Product Innovation terhadap Market Performance, dan variabel Innovation Culture terhadap Market Performance.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan pada UMKM binaan PLUT-KUMKM di wilayah Kabupaten Subang dengan 200 responden. Penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan tipe cluster sampling. Penelitian ini menggunakan model persamaan struktural (SEM) serta menggunakan skala likert dengan 21 pernyataan.
Hasil penelitian ini menunjukan variabel Innovation Culture signifikan terhadap Marketing Innovation, Marketing Innovation signifikan terhadap Product Innovation, serta Marketing Innovation signifikan terhadap Market Performance. Adapun Variabel yang tidak saling berpengaruh yaitu Innovation Culture terhadap Product Innovation, Product Innovation dan Innovation Culture terhadap Market Performance.
Penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi UMKM binaan PLUT-KUMKM di Kabupaten Subang dalam rangka meningkatkan budaya inovasi, inovasi pemasaran dan inovasi produk dalam sebuah pemasaran.
Kata Kunci : UMKM, SEM, Innovation Culture, Marketing Innovation, Product Innovation, Market Performance.