SMK Telkom Bandung merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang
terletak di Jl. Radio Palasari Dayeuhkolot, Bandung yang sudah menerapkan sistem
manajemen mutu ISO 9001:2008 dengan suplemen ISO 9004:2000, ISO 14000 dan
ISO 16000 secara konsisten. Salah satu layanan yang dapat membantu siswa untuk
belajar di SMK Telkom adalah perpustakaan sekolah yang dituntut untuk mampu
membantu meningkatkan kualitas pendidikan seiring dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi. Untuk mengetahui kondisi dari perpustakaan dalam
pengelolaan prosesnya perlu dilakukan pengukuran tingkat kematangan proses
pada perpustakaan SMK telkom. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur
kematangan proses di perpustakaan SMK Telkom dengan menggunakan model
yang dikembangkan oleh Object Management Group (OMG) yaitu Business
Process Maturity Model (BPMM). Metode yang digunakan dalam pengumpulan
data dalah metode observasi dan wawancara kepada narasumber. Dalam tahap
evaluasi, yang dilakukan adalah merancang instrumen evaluasi berdasarkan specific
goals dan specific practice pada tingkat kematangan level 3 pada process area
Organizational Process Management (OPM) yang dipilih berdasarkan sudah
diterapkannya standar ISO 9001 di SMK Telkom yang berarti prosesnya sudah
terstandarisasi. Instrumen evaluasi yang sudah dikembangkan kemudian diajukan
kepada narasumber dan hasil wawancara kemudian diolah menggunakan metode
self assessment menggunakan skala penilaian yang dikembangkan dari Business
Process Maturity Assesment oleh David Brown pada tahun 2014 yang
menghasilkan gap dan tingkat pemenuhan kematangan Level 3 OPM. Hasil pada
penelitian ini diperoleh nilai kematangan proses pada specific goals 1 adalah 47%,
specific goals 2 adalah 48%, dan specific goals 3 adalah sebesar 73% dengan
presentase keseluruhan process area adalah 58% dari total 100% untuk mencapai
tingkat kematangan level 3 pada process area Organizational Process Management.
Hasil evaluasi yang belum mencapai tingkat kematangan level 5 atau perbaikan
secara berkelanjutan pada specific practice nya perlu dilakukan perbaikan berkala
pada setiap proses yang terdapat pada perpustakaan SMK Telkom Bandung
Kata kunci: Pendidikan, Perpustakaan, Business Process Maturity Model, Maturity
Level 3, Organizational Process Management