Pos Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa kurir,logistik dan transaksi keuangan. Didalam sejarahnya, Pos Indonesia merupakan salah satu BUMN tertua di Indonesia yang keberadaannya digunakan agar dapat memudahkan dalam kegiatan pengiriman surat, pengiriman barang dan terutama dalam kegiatan perdagangan. Seiring berjalannya waktu, Kantor Pos tidak hanya digunakan dalam pengiriman barang dan surat saja. Di masa sekarang, Kantor Pos sudah mengembangkan jasa layanannya seperti pembayaran listrik, telephone, dan sebagainya. Namun, Kantor Pos mengalami penurunan peran pelayanan karena terdapat banyaknya persaingan dengan Perusahaan Swasta yang sama – sama bergerak di bidang jasa.
Oleh karena itu, tujuan dari perancangan ulang Kantor Pos Besar Bandung adalah untuk mengangkat kembali peran pelayanan dari Kantor Pos itu sendiri. Selain itu, tujuan dari perancangan ulang Kantor Pos Besar Bandung ini juga bertujuan untuk melestarikan bangunan Cagar Budaya yang difungsikan sebagai Kantor Pos agar nilai – nilai sejarah yang melekat pada bangunan tidak hilang. Maka dari itu, perancangan ulang dari Kantor Pos Besar Bandung akan mengkasilkan sebuah desain yang dapat mengangkat peran pelayanan di kalangan masyarakat dan desain yang tetap mempertahankan nilai – nilai sejarah yang ada pada bangunannya.
Kata Kunci : Kantor Pos, Bangunan Cagar Budaya, Peran Pelayanan