Call center adalah salah satu layanan dari suatu provider yang umumnya berbasis jaringan telepon untuk melakukan penanganan masalah maupun menjawab pertanyaan seputar informasi produk atau layanan dari customer. Umunya call center masih menggunakna PSTN. Padahal layanan PSTN tidak lebih ekonomis, dalam arti lebih mahal jika dibandingkan dengan layanan VoIP. Selain itu, salah satu masalah utama yang sering dihadapi oleh call center adalah banyaknya panggilan yang masuk ke call center dalam suatu waktu tertentu yang dapat menyebabkan banjir trafik yang sangat tinggi. Sebagai akibatnya, akan ada panggilan yang tidak bisa terjawab oleh call center, karena kapasitas channel PSTN yang tidak bisa melayani semua panggilan. Berbeda dengan layanan VoIP, di mana channel yang digunakan bisa berbasis cloud. Di samping itu, penggunaan gateway yang berbasis VoIP, yang bila diletakkan dalam infrastruktur cloud, maka dapat sewaktu-waktu diciptakan fungsi server tambahan agar sistem dapat melayani semua panggilan. Misalnya dengan melakukan auto scaling. Selain dapat menambah atau mengurangi server secara otomatis, auto scaling dapat mengurangi beban biaya yang dikeluarkan dan dapat menjaga agar kualitas dari layanan Call center sendiri tetap baik. Pada penelitan ini akan diimplementasiakn auto scaling dengan metode Real Workload sehingga server call center akan bisa memiliki skalabillitas yang fleksibel dan dapat mengurangi biaya.