Indonesia terkenal dengan tanah yang subur dan kekayaan hasil alamnya. Salah satu bagian dari pertanian yaitu sektor perkebunan memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia serta pemasukan devisa. Sulitnya menemukan pemandangan hijau di perkotaan, perilaku konsumtif, budaya instan menjadikan generasi muda tidak peduli tentang sejarah perkebunan Indonesia. Kota Medan menjadi kota pertama yang memiliki museum perkebunan, yang diresmikan 10 Desember 2016. Kurangnya informasi tentang museum perkebunan ini serta belum adanya konsep pesan serta konsep visual yang terintegrasi pada beberapa media informasi yang telah ada, belum mampu membangun awareness secara maksimal pada masyarakat sekitar dan pengetahuan sejarah perkebunan. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara ke pihak pengelola museum perkebunan, menyebar kuesioner kepada khalayak sasaran, serta membaca buku yang terkait dengan masalah yang diangkat. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil yang diharapkan adalah booklet yang memberi informasi dengan ilustrasi tentang Museum Perkebunan dan sejarah perkebunan yang mudah dipahami. Manfaat yang diperoleh dengan adanya booklet akan meningkatkan brand awareness, menambah pengetahuan sejarah, dan menarik minat pengunjung.
Kata kunci : Booklet, Media Informasi, Museum Perkebunan Indonesia