ANALISIS SENTIMEN PADA TWITTER MENGENAI PENGGUNA JASA TRANSPORTASI ONLINE DENGAN METODE NAÏVE BAYES

EMPATHY GEOVANI MARBUN

Informasi Dasar

95 kali
19.04.591
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Transportasi online kini menjadi inovasi baru pada bidang transportasi yang paling diminati oleh masyarakat. Semakin banyak pengguna jasa transportasi online, semakin banyak pula penggunanya memberikan tanggapan mereka tentang kualitas jasa tersebut. Pengguna banyak memberikan tanggapan terhadap jasa transportasi online di media sosial, seperti twitter pada masing-masing akun jasa transportasi online sehingga dapat dibuat sebagai analisis sentimen tentang tanggapan masyarakat terhadap jasa transportasi online. Tanggapan masyarakat di twitter tersebut diklasifikasikan menjadi 3 kelas tweet tingkat dasar yaitu positif, negatif, dan netral. Data dikumpulkan dari twitter dengan tweet sebanyak 3000 dengan memberikan label secara manual ke dalam kelas positif, negatif, dan netral. 3000 tweet dipisahkan kedalam 3 kategori, yaitu pelayanan, sistem, dan mitra jasa tranportasi online. Uji validasi data juga dilakukan menggunakan teknik 10-Fold Cross Validation pada setiap kategori, yaitu 1/10 dari jumlah data tweet menjadi data uji dan yang lainnya menjadi data latih. Tahap pre-processing pada data meliputi casefolding, tokenisasi, stopword, dan stemming. Proses klasifikasi menggunakan metode Naïve Bayes. Akurasi Naïve Bayes menunjukkan bahwa hasil analisis sentimen kurang baik, namun pada kategori layanan cukup baik dengan menghasilkan akurasi 77.6% pada sentimen netral.

Subjek

SYSTEM ANALYSIS
 

Katalog

ANALISIS SENTIMEN PADA TWITTER MENGENAI PENGGUNA JASA TRANSPORTASI ONLINE DENGAN METODE NAÏVE BAYES
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EMPATHY GEOVANI MARBUN
Perorangan
YULIANT SIBARONI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini