Pendidikan sekolah dasar saat ini mengacu kepada kurikulum 2013 yang meliputi
mata pelajaran bahasa Indonesia, matematika, bahasa inggris, IPA dan IPS. Khususnya
pada mata pelajaran IPA kelas 5 dan 6 sekolah dasar terdapat pelajaran tentang
hewan dan biota laut yang meliputi ekosistem dan rantai makanan. Pada mata
pelajaran IPA kelas 5 dan 6 sekolah dasar, siswa diajarkan tentang berbagai macam
spesies makhluk hidup. Termasuk spesies hewan darat dan hewan laut. Cara belajar
siswa adalah dengan membaca buku mata pelajaran atau hanya mendengarkan
penjelasan dari guru ketika jam pelajaran berlangsung. Oleh karena itu berdasarkan
informasi dan permasalahan yang terjadi tercetuslah ide yang diharapkan menjadi
solusi dan alternatif bagi guru agar penyampaian materi ketika mengajar lebih
efisien. Solusi yang dimaksud adalah membuat suatu aplikasi education of sea
animals sebagai media pembelajaran siswa/siswi sekolah dasar khususnya kelas dan
kelas 6 sekolah dasar yang berbasis mobile android dengan menggunakan teknologi
Augmented Reality secara praktis dan mudah dipahami. Unity sendiri yang membuat
suatu objek menjadi terlihat lebih nyata seperti aslinya (3D).
Kata kunci: Augmented Reality, Hewan Laut, Belajar