Analisis Bisnis Model Kanvas(Studi pada UMKM Bubur Ayam Canton)

NOVRIESCO MEIZA PUTRA

Informasi Dasar

301 kali
19.04.680
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi usaha UMKM Bubur Ayam Canton dengan menggunakan metode Analisis Bisnis Model Kanvas. Tujuan dilakukannya Penelitian ini untuk mengetahui Kondisi existing (sekarang) dari usaha UMKM Bubur Ayam Canton dan membuat sebuah gambaran rencana pengembangan usaha UMKM Bubur Ayam Canton menggunakan metode Analisis Bisnis Model Kanvas yang berlokasi di jalan PETA Moh Toha, Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yaitu metode penelitian yang berisi pemaparan atau penggambaran sesuatu. Subjek penelitian ini adalah informan, dengan jumlah informan sebanyak 2 orang informan. Teknik Analisis Data yang digunakan analisis data yang dilakukan melalui wawancara yang mendalam kepada 2 orang informan, observasi, dan didukung oleh dokumen-dokumen lainnya seperti gambar, catatan dan lain sebagainya. Hasil dari penelitian ini menggambarkan rencana pengembangan UMKM Bubur Ayam Canton melalui 9 blok Bisnis Model Kanvas. Elemen Customer Segment membidik Masyarakat yang mencari sarapan dipagi hari sebagai target utamanya, setelah itu keluaraga, instansi pemerintahan dan perusahaan. Elemen Value Proposition Mengucapkan salam kepada setiap pelanggan, Kesan Khas Syari’ah ditambah dengan memakai pakaian muslim, Elemen Customer Relationship Membuat sistem Delivery, Elemen Channel menambahkan Gofood dari Gojek Media Sosial (Instagram & facebook) Optimalisasi pemasaran dengan menyebar brosur, Elemen Revenue Stream menyarankan untuk mengusahakan Pesanan dari sekolah dan Pesanan dari Pabrik, Elemen Key Activities Menyarankan Membuat Paket yang detail untuk pemesanan banyak di perusahaan ataupun instansi pemerintahan, Elemen Key Resources menambahkan karyawan untuk mengoptimalisasi kinerja dari Bubur Ayam Canton, Elemen Key Partnership peneliti menyarankan penambahan mitra Investor Baru (Financial) untuk menambah modal, Sistem Frainchaise untuk memperluas usaha, Mendaftar GoFood untuk memperluas pasar, Perusahaan Minuman Seperti Sosro mendapatkan mitra minuman dan membranding, Elemen Cost Structure peneliti menyarankan Gaji Tukang Masak (Ibu Wulan), Gaji penjaga warung (Kang Asep) untuk bekerja secara profesional, Menyisihkan dana untuk pemeliharaan aset seperti gerobak, meja, kursi & tenda.

Kata Kunci : Bussiness Model Canvas dan UMKM

Subjek

Entrepreuneurship-small business
 

Katalog

Analisis Bisnis Model Kanvas(Studi pada UMKM Bubur Ayam Canton)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NOVRIESCO MEIZA PUTRA
Perorangan
HENDRATI DWI MULYANINGSIH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini