ABSTRAK
Rizal, Ariandita. 2018. Perancangan Identitas Visual pada Rangkaian Produk Perawatan Sepatu Octopus di Kota Bandung. Tugas Akhir. Konsentrasi Desain Grafis. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Fakultas Industri Kreatif. Universitas Telkom Bandung.
Industri Rumah Tangga ( IRT ) Octopus merupakan produsen produk- produk perawatan sepatu yang berlokasi di jalan Maos II Mohamad Toha Kota Bandung, Jawa Barat. IRT Octopus merupakan pioneer produsen dengan keistimewaan pada produknya yang menggunakan bahan dari minyak kelapa, sehingga aman dan berpotensi untuk dipasarkan lebih luas. Permasalahan yang dialami oleh IRT Octopus adalah belum memiliki identitas visual, kemasan yang baik dan memiliki ciri khas dari produk sejenisnya. Pemilik dari IRT Octopus pun menyadari, sehingga pemilik dari IRT Octopus ingin memiliki kemasan yang berbeda dari produk sejenisnya dan dapat meningkatkan nilai produk perawatan sepatu.
Perancangan identitas visual dan desain kemasan untuk produk perawatan sepatu produksi IRT Octopus dilakukan dengan metode kualitatif, proses pencarian data dengan studi literatur yang relevan, observasi, wawancara, dan kuesioner terhadap pemilik IRT Octopus, karyawan, dan konsumen. Menentukan target audiens, membuat analisis matriks terhadap kompetitor dan analisa SWOT digunakan untuk menilai perusahaan melalui faktor internal dan eksternal.
Berdasarkan hasil serangkaian proses analisis diatas ditemukan bahwa perlu adanya suatu identifikasi visual yang baik dan kemasan dengan disain yang menarik konsumen serta material yang dapat melindungi produk dengan baik sehingga produk dapat di distribusikan ke luar daerah dengan kemasan yang tetap terjaga. Karena sebelum merancang, sudah diperhitungkan lebih dulu sehingga kemasan yang digunakan lebih tepat guna.
Kata Kunci : Identitas Visual, Desain kemasan IRT Octopus