Perkembangan perekonomian menyebabkan perkembangan dalam bidang fashion. Perkembangan dunia fashion menjadikan pakaian sudah tidak lagi hanya menjadi kebutuhan tetapi juga gaya hidup, sehingga perusahaan – perusahaan, khususnya sepatu sneakers, mulai mengembangkan kualitas produknya. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kualitas produk sepatu Vans dengan sepatu Converse.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan penelitian komparatif untuk membandingkan kualitas produk dari kedua perusahaan tersebut. Sumber data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 responden dengan populasi pengguna sepatu Vans dan pengguna sepatu Converse. Pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji beda Mann Whitney.
Dengan menggunakan analisis deskriptif, diperoleh hasil bahwa kualitas produk sepatu Vans lebih baik dibandingkan sepatu Converse sebagai berikut, 78,6% untuk sepatu Vans dan 78,15% untuk sepatu Converse dengan perbedaan sebesar 0,45%. Sepatu Vans unggul pada dimensi features, conformance,dan aesthetics sedangkan Sepatu Converse unggul pada dimensi performance, reliability, durability, serviceability, dan perceived quality. Dengan menggunakan Teknik analisis uji beda Mann Whitney, diperoleh hasil bahwa tidak ada perbedaan secara signifikan antara kualitas produk sepatu Vans dan sepatu Converse.