Pemalang mempunyai banyak wisata alam yang indah dan belum banyak dikenal oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Di tahun 2015 sampai 2018 banyak objek wisata baru mengakibatkan wisatawan mengalami peningkatan, namun di beberapa sektor wisata mengalami penurunan. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pemalang telah menggunakan buku sebagai salah satu media informasi wisata yang diperuntungkan bagi wisatawan. Di sisi lain konten buku sudah dinilai baik, namun belum didukung oleh aspek-aspek desain visual yang estetis. Untuk menjawab permasalahan tersebut, akan dilakukan kegiatan perancangan ulang berdasarkan data-data dari studi literatur terkait teori-teori yang relevan, observasi objek visual dari beberapa buku pariwisata, wawancara kepada ahli fotografi, serta penyebaran kuesioner kepada target audience dari buku tersebut. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan type face yang sesuai dan layout yang berimbang karena dapat memudahkan pembaca dalam membedakan konten dan visual yang disajikan. Kemudian visual fotografi dapat menggambarkan sebuah tempat dengan jujur dan diharapkan juga mampu meyakinkan minat investor untuk mengembangkan bisnisnya disektor kepariwisataan melalui penggunaan media buku tersebut.