DETEKSI PULPITIS REVERSIBEL MELALUI SINYAL WICARA DENGAN METODE WAVELET PACKET DAN KLASIFIKASI SELF ORGANIZING MAPS (SOM)

MAYA AMIRIYANTI

Informasi Dasar

19.04.854
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Suara setiap manusia pastinya berbeda-beda. Dimana masing-masing suara memiliki frekuensi dan karakteristik yang berbeda-beda pula. Saat ini di era teknologi yang sudah canggih suara dapat digunakan sebagai media pendeteksi melalui aplikasi atau program komputer, sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu pendeteksi khususnya di bidang kesehatan. Dengan adanya aplikasi atau program tersebut dapat membantu mendeteksi adanya fenomena barodontalgia khususnya pada kasus perawatan pulpitis reversibel pada penyelam. Pada tugas akhir ini dirancang sebuah program aplikasi untuk membantu para dokter mendeteksi sinyal suara pada penyelam dengan fenomena barodontalgia khususnya kasus perawatan pulpitis reversibel melalui metoda klasifikasi Wavelet Packet dan Self Organizing Maps (SOM). Suara yang akan di proses melewati beberapa tahap sepeti input data, preprocessing, window normalisasi, ekstraksi ciri, klasifikasi, dan tahap penentuan.
Sistem ini sangat bergantung pada sinyal suara dengan menggunakan audio processing. Pada tugas akhir ini hasil yang diperoleh adalah sebuah aplikasi berbasis Matlab untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasi. Dari penelitian ini diperoleh hasil akurasi sebesar 73,333 % dengan waktu komputasi 0,2416 detik.

Kata kunci: pulpitis reversibel, audio processing, Wavelet Packet, Self Organizing Maps (SOM)

Subjek

Audio, Speech and Language Processing
 

Katalog

DETEKSI PULPITIS REVERSIBEL MELALUI SINYAL WICARA DENGAN METODE WAVELET PACKET DAN KLASIFIKASI SELF ORGANIZING MAPS (SOM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MAYA AMIRIYANTI
Perorangan
Bambang Hidayat, Yun Mukmin Akbar
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Teknik Elektro
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini