ABSTRAK
Pendidikan seni dapat merespon perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, merespon perubahan sosial-ekonomi budaya masyarakat, memenuhi kebutuhan dan harapan sosial, merespon perubahan sistem pendidikan nasional dan internasional. Dalam pendidikan dikenal dengan metode ajar, berbagai cara dalam memberikan pengetahuan tentang seni salah satunya dengan sistim studio, yakni ilmu kesenirupaan dapat tersalurkan kepada peserta didik secara lebih rinci. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi perkembangan pendidikan tinggi seni rupa di Bandung. Informasi terkait sejarah dan metode ajar program studi seni rupa di 5 institusi Bandung. Metode penelitian ini menggunakan sistem wawancara, studi literatur berupa buku-buku, jurnal-jurnal terkait dan dokumentasi berupa foto, video, dan audio. Penelitian ini termasuk deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data hasil penelitian yaitu dengan mengumpulkan informasi-informasi berupa survey langsung melalui tanya jawab atau wawancara pada pejabat terkait.
Hasil penelitian menunjukan bahwa seiring dengan berkembangnya zaman, yang berdampak juga pada berkembangnya seni rupa, salah satunya di dalam dunia pendidikan. Pengaruh kebutuhan masyarakat dan juga kebutuhan industri dalam mencari generasi yang kreatif menjadikan seni rupa semakin diminati di pasar kreatif dunia, termasuk juga dalam dunia pendidikan seni rupa. Pembaruan sistim pendidikan serta kurikulum yang baik akan seni rupa, tidak hanya jenjang pendidikan semakin tinggi, tetapi sebagai perkembangan industri dan pekembangan budaya yang membutuhkan orang – orang yang kreatif di dalamnya. Metode ajar yang baik antara pendidik dan terdidik dibutuhkan guna maksimalnya ilmu yang diberikan dan ilmu yang diterima.