Perancangan Ulang Interior Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Barat

UTAMI KUSUMAWARDHANI

Informasi Dasar

19.04.881
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI

Jakarta Barat merupakan salah satu wilayah dari provinsi DKI Jakarta yang menjadi pusat hunian masyarakat, pusat pendidikan dan perguruan tinggi, serta fasilitas untuk kesehatan masyarakat. Selain itu, terdapat juga perpustakaan umum dan Arsip yang dibangun untuk masyarakat dan komunitas-komunitas budaya yang berada di kawasan Jakarta Barat dan sekitarnya. Perpustakaan umum dan Arsip hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mencari informasi cetak dan non-cetak, serta tempat untuk bersosialisasi bagi komunitas-komunitas yang ada.

Pemerintah Jakarta Barat harus menyediakan perpustakaan yang memiliki fasilitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mencari informasi tidak hanya dalam bentuk cetak, tapi juga digital serta dapat disesuaikan dengan karakteristik masyarakat kota Jakarta yang terbuka, jujur, mudah bergaul, suka berkumpul, dan ramah, menurut Menurut Firman Muntaco, seorang maestro sastrawan Betawi. Serta ikut melestarikan budaya Betawi.

Perpustakaan Jakarta Barat perlu dirancang ulang dengan menggunakan tema living library dengan mengangkat budaya lokal yaitu budaya Betawi guna mendukung upaya pelestarian local identity. Dengan memperhatikan standar Nasional Indonesia dan mementingkan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung maupun karyawan perpustakaan.

Kata kunci : living library, local identity, Betawi.

Subjek

INTERIOR DESIGN
 

Katalog

Perancangan Ulang Interior Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Barat
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

UTAMI KUSUMAWARDHANI
Perorangan
DJOKO MURDOWO, FAJARSANI RETNO PALUPI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CIH4A6 - TUGAS AKHIR / SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini