Mobil adalah alat transportasi yang berguna untuk berpindah dari satu titik ke titik lain dengan membawa penumpang dan juga barang. Kebutuhan mobil yang meningkat membuat perusahaan industri mobil berlomba – lomba dalam menciptakan mobil dengan berbagai jenis dan model karena konsumen memiliki prioritas yang berbeda – beda terhadap fasilitas terdapat dimobil. LCGC termasuk jenis mobil yang paling laku kedua disemester pertama 2018. Sebesar 21% di bawah segmen LMPV, namun terdapat penurunan penjualan mobil LCGC yang mengalami penurunan 6,13 persen pada Januari – September 2018.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kombinasi atribut pada mobil LCGC yang menghasilkan customer value index tertinggi dan mengetahui atribut yang merupakan value driver mobil LCGC. Atribut pada penelitian ini adalah harga, fitur keselamatan, mesin (cc), perangkat elektronik, efisiensi bahan bakar dan tampilan yang dimiliki.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan analisis konjoin, pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling. Jumlah responden pada penelitian ini adalah sebanyak 388 responden yang menggunakan mobil LCGC.
Customer value index tertinggi merupakan kombinasi atribut dari fitur keselamatan yang tinggi, kapasitas mesin (cc) tinggi, efisiensi bahan bakar yang tinggi serta memiliki tampilan yang menarik dengan trade off mobil LCGC tersebut memiliki harga yang tinggi dan perangkat elektronik yang rendah, dengan Value driver adalah efisiensi bahan bakar yang tinggi.
Saran dari penelitian ini bagi produsen mobil LCGC dapat menjadikan efisiensi bahan bakar sebagai fokus utama dalam pengembangan produk, dimana konsumen menginginkan mobil LCGC yang irit.
Kata kunci: Customer Value Index, Konjoin, Mobil LCGC