PENGARUH CONTENT RICHNESS, PERCIEVED USEFULNESS, PERCIEVED EASE OF USE, PERCIEVED PRICE, DAN FREE ALTERNATIVES TERHADAP WILLINGNESS TO SUBSCRIBE (Studi Kasus Pada Aplikasi Plomo di PT. Plomo Teknokreasi Prima)
Salah satu kemajuan teknologi yang paling berkembang pesat adalah internet. Internet secara tidak langsung merubah cara seseorang, dalam menikmati media informasi, karena mengubah bentuk media informasi ke bentuk digital. Digitalisasi konten memungkinkan pengembangan baru yang inovatif, salah satunya adalah pada bidang food & beverage. Salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang media informasi digital mengenai food & beverage adalah PT. Plomo Teknokreasi Prima dengan aplikasi berbasis subscribe-nya yang bernama Plomo. Faktor yang mempengaruhi konsumen untuk men-subscribe pada aplikasi subscription-based app, diantaranya adalah content richness, perceived usefulness, percieved ease of use, perceived price, dan free alternatives.
Dengan demikian, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Content Richness terhadap Percieved Usefulness, selain itu untuk pula mengetahui seberapa besar pengaruh Percieved Ease Of Use, Percieved Price, dan Free Alternatives Terhadap Willingness To Subscribe Aplikasi subscription base Plomo.
Metode pengumpulan data mengenai objek penelitian didapat melalui kuesioner yang disebar kepada 100 responden melalui e-mail dan telepon, yaitu kepada user yang memakai aplikasi subscription base Plomo, dengan menggunakan teknik simple random sampling. Untuk kemudian data dianalisis dengan program SMARTPLS v.3.0 for windows
Berdasarkan hasil analisis penelitian, variabel Content Richness, Percieved Usefulness, Percieved Ease of Use dan Free Alternatives dan Willingness to Subscribe pada Aplikasi Subscription-Based Plomo memiliki nilai yang cukup baik, hal ini berarti menunjukkan persepesi yang cukup baik dari responden terhadap seluruh variabel tersebut. Dari pengujian hipotesis, di dapat bahwa Content Richness, berpengaruh terhadap Percieved Usefulness, dan Percieved Ease of Use juga berpengaruh terhadap Willingness To Subscribe, sedangkan Percieved Usefulness, Percieved Price, dan Free Alternatives tidak berpengaruh terhadap Willingness To Subscribe.
Sehingga berdasarkan hasil penelitian, untuk meningkatkan Willingness To Subscribe pada aplikasi Plomo, sebaiknya mengutamakan variabel Content Richness yaitu mengenai kekayaan konten pada aplikasi, serta variabel dan Percieved Ease of Use yaitu mengutamakan kemudahan pada penggunaan aplikasi.
Kata Kunci : Content Richness, Percieved Usefulness, Percieved Ease Of Use, Percieved Price, Free Alternatives, Willingness To Subscribe