Mobil merupakan moda transportasi yang saat ini paling digemari, selain dapat dengan mudah mencapai tujuan dengan jarak yang jauh mobil juga dapat membawa banyak penumpang didalamnya. Kebutuhan akan kendaraan yang tinggi membuat perusahaan berlomba-lomba membuat sebuah kendaraan yang terbaik dan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Mobil low multi purpose vehicle merupakan kategori mobil yang mencatat penjualan terbaik selama beberapa tahun terakhir.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kombinasi atribut mobil LMPV yang menghasilkan customer value index tertingi dan mengetahui atribut yang merupakan value driver dari mobil LMPV. Atribut yang dipakai adalah tenaga mesin, efisiensi bahan bakar, fitur keamanan, harga, peranti elektronik, dan tampilan yang dimiliki.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan analisis menggunakan metode conjoin, pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 389 orang yang menggunakan mobil LMPV.
Berdasarkan hasil dari pengolahan data, customer value index tertinggi didapat pada kombinasi atribut tenaga mesing yang tingi, efisiensi bahan bakar yang tinggi, fitur keamanan yang tinggi, harga yang rendah dengan trade off mobil LMPV tersebut memiliki peranti elektronik yang rendah dan memiliki tampilan yang tidak menarik. Hasil value driver dari penelitian ini dapat menunjukan bahwa tenaga mesin yang tinggi merupakan value driver bagi konsumen dalam memilih mobil LMPV
Saran dari penelitian ini adalah pelaku industri mobil LMPV dapat menjadikan tenaga mesin sebagai fokus utama dalam pengembangan produk. Dimana konsumen menginginkan mobil LMPV memiliki kehadalan mesin dengan tenaga yang besar.
Kata kunci: Customer Value Index, Konjoin, Mobil LMPV.