Perusahaan iflix adalah salah satu aplikasi seluler hiburan yang tersedia di Indonesia. Saat ini iflix berada pada peringkat keempat pada perusahaan populer layanan video permintaan dengan persentase sebesar 24,35% di Indonesia, semakin ketatnya persaingan bisnis layanan layanan video streaming berlanggan membuat iflix perlu mengetahui pengalaman pengguna maupun dengan kepuasan pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman penggguna terhadap kepuasan penggunaan aplikasi iflix. Dengan judul Pengaruh User Experience Terhadap Customer Satisfaction Pada Pengguna Aplikasi Iflix.
Metode peneilitian ini menggunakan analisis jalur dengan variabel Daya Tarik, Kejelasan, Ketepatan, Efisiensi, Stimulasi, dan Kebaruan berpengaruh pada kepuasan pelanggan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua indikator dikategorikan baik pada penelitian ini. Terdapat pengaruh positif yang kuat dari pengalaman pengguna aplikasi iflix terhadap kepuasan pelanggan pengguna aplikasi iflix tersebut. Secara simultan pengalaman pengguna memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Tetapi secara parsial, kepuasan pelanggan produk aplikasi iflix hanya dipengaruhi oleh dimensi Daya Tarik, Kejelasan, Ketepatan, Stimulasi, dan Kebaruan. Sedangkan untuk variabel Efisiensi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai Rsquare sebesar 60% berati kepuasan pelanggan aplikasi iflix bermaksud dapat menjelaskan oleh variabel pengalaman pengguna, sedangkan untuk 40% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak teliti di dalam penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini, sebaiknya pengalaman pengguna melalui dimensi Efisiensi harus diperbaiki karena dimensi variabel tersebut tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Kata kunci: pengalaman pengguna, daya tarik, kejelasan, ketepatan, efisiensi, stimulasi, kebaruan, kepuasan pelanggan, aplikasi gawai, pemasaran, kegunaan, video permintaan, iflix