Kebutuhan masyarakat akan informasi membuat perusahan media beralih menuju media online. Saat ini media online lebih digemari masyarakat karena kemudahan akses informasi dan informasi yang diberikan selalu baru. Pada tahun 2018 akan diselenggarakannya Pemilihan Kepala Daerah yang akan dilakukan secara serentak di Indonesia salah satunya adalah Provinsi Jawa Barat yang akan memilih Kepala Daerah Provinsi.
Kegiatan kampanye merupakan kegiatan wajib yang dilakukan oleh masing-masing kandidat kepala daerah untuk mendekatkan diri ke masyarakat. Hal tersebut menjadi kewajiban media massa untuk memberitakannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana media online pikiran-rakyat.com dan jabar.tribunnews.com dalam membingkai pemberitaan mengenai kegiatan kampanye yang dilakukan oleh kandidat Kepala Daerah Provinsi Jawa Barat periode Januari-Februari 2108. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan metode framing Zhongdang Pan dan Kosicki untuk melihat dari struktur sintaksis, struktur skrip, struktur tematik dan struktur retoris.
Dari hasil penelitian menunjukkan perbedaan pembingkaian berita pada masing-masing kandidat. Media pikiran-rakyat.com cenderung berpihak pada pemberitaan Ridwan Kamil sedangkan jabar.tribunnews.com berpihak pada pemberitaan Tb Hasanuddin dan Deddy Mizwar. Pemberitaan pada kandidat Ahmad Syaikhu dua media tersebut menulis pemberitaan sesuai dengan press realese yang diterima dari tim Ahmad Syaikhu.
Kata kunci: Berita, Pilkada Jawa Barat, Pikiran-rakyat.com, Jabar.tribunnews.com, Konstruksi Media Massa