Program acara Hitam Putih dapat mempertahankan programnya selama lebih dari 8 tahun dengan share and rating menurun setiap tahunnya. Persaingan ketat dalam industri penyiaran membuat program acara Hitam Putih harus memiliki strategi yang bertujuan agar memiliki jumlah audien yang banyak. Tujuan dari penelitian ini membahas bagaimana strategi program acara Hitam Putih dalam mempertahankan eksistensi programnya di stasiun televisi TRANS7. Metode dalam penelitian ini menggunakan studi kasus instrumental yang dikaji secara kualitatif dengan memberikan pemahaman mendalam atau menjelaskan kembali dari suatu kasus yang berbeda dengan studi kasus lainnya yang pernah di teliti. Berdasarkan hasil dari penelitian ini untuk mempertahankan eksistensi, program acara Hitam Putih menerapkan strategi program acara seperti perencanaan program, produksi program, eksekusi program serta pengawasan dan evaluasi program. Dengan adanya strategi tersebut program acara Hitam Putih dapat mempertahankan eksistensinya sebagai program acara talkshow.