PERANCANGAN BLADE DAN PENAMPUNG ALAT PEMISAH KULIT KACANG KEDELAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE REVERSE ENGINEERING AND REDESIGN GUNA MENGURANGI WAKTU SIKLUS

FAHIRA GEARAHMANI

Informasi Dasar

19.04.1068
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Rumah Tempe Indonesia di Bogor, Indonesia merupakan produsen tempe yang menggunakan sistem teknologi tempat guna (TTG) untuk memproduksi tempe yang higienis, mudah dan menguntungkan. Salah satu dari proses pembuatan tempe adalah proses pemisahan awal kacang kedelai dari kulit, yang menggunakan alat pengaduk terdiri dari container dan blade, dengan waktu siklus sebesar 31.50 menit untuk 60 kg kacang kedelai, waktu siklus terbesar untuk seluruh waktu siklus proses produksi tempe di RTI. Untuk mengurangi waktu siklus ini, dilakukan perbaharuan rancangan pada container alat pengaduk dengan menggunakan metode reverse engineering and redesign.

Container alat pengaduk dianalisis dan komponennya di dekomposisi untuk dikembangkan fiturnya berdasarkan dengan kebutuhan pelanggan. Digunakan concept generation untuk menghasilkan 6 konsep, yang kemudian disaring dengan menggunakan concept screening dan dinilai menggunakan concept scoring untuk menghasilkan rancangan terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

Metode reverse engineering membuahkan hasil berupa penambahan saringan dan filter sikat pada permukaan dalamnya. Hasil dari pengujian di Rumah Tempe Indonesia menunjukkan perubahan waktu siklus proses pemisahan awal menjadi 24 menit untuk proses yang menggunakan konsep usulan pertama, mengalami penurunan sebanyak 23.80% dari waktu siklus alat existing dan waktu siklus sebesar 30.2 menit untuk proses yang menggunakan konsep usulan kedua yang mengalami penurunan sebanyak 4.76% dari waktu siklus alat existing. Alat pemisah kulit kacang kedelai dengan konsep pertama dapat membersihkan dengan persentase 57% sementara alat dengan konsep kedua dapat membersihkan dengan persentase 55%, sehingga alat konsep pertama menjadi solusi optimal dengan waktu siklus paling singkat.

Subjek

PRODUCT DEVELOPMENT
 

Katalog

PERANCANGAN BLADE DAN PENAMPUNG ALAT PEMISAH KULIT KACANG KEDELAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE REVERSE ENGINEERING AND REDESIGN GUNA MENGURANGI WAKTU SIKLUS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAHIRA GEARAHMANI
Perorangan
AGUS KUSNAYAT, SRI MARTINI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • IEH4BA3 - CAD/CAM
  • IEH3D3 - PENGEMBANGAN PRODUK
  • IEG4H4 - TUGAS AKHIR II

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini