Di saat maraknya persaingan antar UKM di Kota Bandung, Donby yang merupakan salah satu UKM asli Cibaduyut, adalah contoh UKM yang berhasil. Maka, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor karakteristik kewirausahaan dalam keberhasilan usaha UKM Donby di Kota Bandung.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan Nonprobability sampling dengan jumlah responden 20 orang. Teknik analisis faktor digunakan untuk menganalisis setiap faktor-faktor karakteristik kewirausahaan dalam keberhasilan usaha UKM Donby sepatu Cibaduyut di Kota Bandung.
Berdasarkan teknik analisis faktor dengan menggunakan 14 faktor, maka hasil penelitian ini adalah terbentuknya dua faktor baru, yaitu keberhasilan diri (Self efficacy) sebesar 349%, pengendalian diri sebesar 176%, Integritas sebesar 119%, motivasi sebesar 94,5%. Dari hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa faktor yang paling dominan yaitu faktor keberhasilan diri (Self efficacy) yang terdiri dari variabel kekepercayaan diri, bersungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan bisnis, serta bertanggung jawab atau tidak menyalahkan orang lain apabila mendapatkan risiko saat bekerja hal tersebut merupakan faktor karakteristik kewirausahaan yang menciptakan UKM Donby berhasil.Kata Kunci: Analisis Faktor, UKM, Karakteristik Kewirausahaan.