ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan terkait kegiatan promosi yang dilakukan oleh Rhym Band pada media digital Bandcamp.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pemasaran digital Rhym Band pada media digital Bandcamp.com dan untuk mengetahui faktor-faktor pemasaran digital Bandcamp.com yang paling dominan di Rhym Band. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah followers selaku pendengar yang pernah melakukan pembelian produk Rhym Band pada media pemasaran digital Bandcamp.com, dengan jumlah sampel sebanyak 140 orang. Pengambilan sampling dilakukan dengan metode non probability sampling yang berjenis incidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor. Hasil dari penelitian ini ialah terdapat enam belas factor pemasaran digital Bandcamp.com yang digunakan Rhym Band untuk mempromosikan produknya, dan pada akhirnya ditemukan satu component faktor yang paling dominan yaitu Komunikasi Online dengan Faktor Loading sebesar (0,825) yang diberikan penamaan faktor Connection dengan nilai kontribusi sebesar 11,1125%, artinya faktor tersebut secara keseluruhan dapat menjawab 11,1125% dari masalah penelitian dan dapat dikatakan dominan. Sisanya sebesar 88,8875% tidak berkontribusi secara signifikan.
Kata Kunci : Analisis Faktor, Bandcamp, Digital Marketing