Globalisasi yang terjadi di bidang ekonomi mengakibatkan persaingan bebas terkendali termasuk di sektor telekomunikasi. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan agar dapat mencukupi kebutuhan modal adalah dengan menawarkan saham kepada masyarakat (go public). ERC (Earnings response coefficient) sebagai salah satu cara untuk mengidentifikasi dan menggambarkan respon pasar terhadap informasi laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan dari rasio likuiditas, rasio leverage, rasio profitabilitas, growth opportunities, firm size dan ERC. Selain itu penelitian ini juga untuk menguji pengaruh masing-masing variabel rasio likuiditas, rasio leverage, rasio profitabilitas, growth opportunities, dan firm size terhadap ERC baik secara simultan maupun parsial.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan mempunyai tujuan sebagai penelitian deskriptif verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi data panel menggunakan fixed effect dan hipotesis diuji dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel rasio likuiditas, rasio leverage, rasio profitabilitas, growth opportunities, dan firm size memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ERC. Hasil koefisien determinasi menunjukkan variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen sebesar 81,84%. Secara parsial variabel rasio likuiditas, growth opportunities, dan firm size berpengaruh signifikan terhadap ERC. Sedangkan variabel rasio leverage dan rasio profitabilitas secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap ERC.
Kata kunci: Rasio Likuiditas, Rasio Leverage, Rasio Profitabilitas, Growth Opportunities, Firm Size; Earning Response Coefficient