Perusahaan retail di Indonesia memiliki peranan penting bagi pertumbuhan perekonomian di Indonesia, berdasarkan data BPS tahun 2016 22,4 juta tenaga kerja diserap oleh perdagangan besar dan eceran, selain itu 15,24% dari Produk Domestik Bruto (PDB) merupakan kontribusi dari perdagangan besar dan eceran. Berdasarkan laporan keuangan tahun 2010-2017 revenue perusahaan retail di Indonesia terus meningkat namun sejak tahun 2014 rasio Net Profit Margin nya menunjukkan trend penurunan. Selain itu pada akhir tahun 2017 beberapa perusahaan retail melakukan penutupan sejumlah gerai nya di beberapa daerah di tanah air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas dengan pendekatan model Du Pont, variabel bebas yang digunakan dalam penelitin ini antara lain: Net Profit Margin (NPM), Total Asset Turn Over (TATO) dan Equity Multiplier (EM).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan retail yang listed di BEI untuk periode 2010-2017 dengan jumlah 25 perusahaan, dan jumlah sample dalam penelitian ini adalah 21 perusahaan retail, dengan menggunakan purposive sampling sebagai metodenya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel-variabel bebas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel profitabilitas. Berdasarkan hasil Uji F, variabel-variabel Net Profit Margin, Total Asset Turn Over dan Equity Multiplier secara bersama-sama berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan retail di Indonesia.
Kata Kunci: Retail, DuPont, Profitabilitas, Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM), Total Asset Turn Over (TATO), Equity Multiplier (EM).