ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MENGGUNAKAN APLIKASI LOOPKITA DENGAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT 2) PADA PELANGGAN MILENIAL TELKOMSEL DI JABODETABEK DAN JABAR

TORANG HASUDUNGAN

Informasi Dasar

91 kali
19.05.069
C
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Jumlah pengguna mobile phone dan internet baik di dunia maupun Indonesia terus mengalami penetrasi yang meningkat. Segmen milenial memiliki potensi pasar yang sangat besar dalam menggunakan segala perkembangan yang bersifat digital. Telkomsel memiliki proporsi pelanggan milenial yang cukup besar dan turut serta dalam perkembangan layanan digital, salah satunya adalah dengan menyediakan LOOPkita sebagai aplikasi seluler dari kartu seluler LOOP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat perilaku pelanggan dalam menggunakan layanan teknologi aplikasi LOOPkita dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2). Faktor-kator UTAUT2 dimodifikasi dan terdiri dari Perfomance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influency, Facilitating Condinations, hedonic motivation, Price Value, Habit dan Content sebagai variabel utama serta Age, Gender dan Experience sebagai moderat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan kausal untuk menjelaskan persepsi pelanggan terhadap variabel dan meneliti hubungan sebab akibat antara variabel berdasarkan hipotesis di dalam penelitian. Penelitian menggunakan survei yang dilakukan dengan melakukan penyebaran kuisioner terhadap para pengguna kartu LOOP dengan usia milenial, berada di Jabodetabek dan Jabar dan sudah atau belum menggunakan aplikasi LOOPkita untuk memberikan persepsi terhadap adopsi menggunakan aplikasi LOOPkita. Teknik analisa data dilakukan menggunakan Partial Least Squares (PLS) sebagai salah satu metode dari Structural Equation Modelling (SEM) yang menjadi pelengkap dari metode regresi yang lemah dengan menggunakan pendekatan Variance Based SEM. Hasil penelitian diperoleh bahwa deskriptif dari variabel-variabel modifikasi UTATUT2 LOOPkita dengan nilai indeks persetujuan berdasarkan persepsi pelanggan dari yang tertinggi hingga terendah adalah Effort Expentacy, Facilitating Condition, Price Value, Hedonic Motivation, Social Influence, Content, Performance Expectancy, Behavior Intention, Use Behavior dan Habit. Hasil penelitian diperoleh bahwa kausal dari hipotesis variabel-variabel dalam perilaku minat individu untuk menggunakan aplikasi LOOPkita yang berpengaruh positif ada 5, yaitu , Effort Expentacy, Social Influence, , Price Value dan Content terhadap Behavior Intention dan Behavior Intention terhadap Use Behavior, sedangkan yang tidak berpengaruh positif ada 4, yaitu Performance Expectancy, Facilitating Condition, Hedonic Motivation, Habit terhadap Behavior Intention. Moderator Age memoderasi hubungan yang terjadi diantara variabel Hedonic Motivation dan Price Value terhadap Behavior Intention serta Behavior Intention terhadap Use Behavior. Gender memoderasi hubungan yang terjadi diantara variabel Perfomance Expectancy terhadap Behavior Intention. Experience memoderasi hubungan yang terjadi diantara variabel Facilitating Condition dan Habit terhadap Behavior Intention.

Kata Kunci: Milenial; Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2; LOOPkita; LOOP; Layanan Teknologi Aplikasi.

Subjek

TECHNOLOGICAL INNOVATION-ADOPTION
 

Katalog

ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MENGGUNAKAN APLIKASI LOOPKITA DENGAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT 2) PADA PELANGGAN MILENIAL TELKOMSEL DI JABODETABEK DAN JABAR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TORANG HASUDUNGAN
Perorangan
ADHI PRASETIO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini