Dalam kehidupan modern saat ini, uang merupakan suatu benda yang sifatnya sangat vital dan berguna untuk memenuhi segala kebutuhan. Pengelolaan terhadap sumber keuangan yang efektif sangat diperlukan individu untuk dapat mengambil keputusan keuangan yang tepat dan bijak. Hal inilah yang mendorong individu mempelajari ilmu serta skill di bidang keuangan dan juga mendorong untuk memahami dan ikut terlibat pada isu-isu di bidang keuangan seperti biaya perawatan kesehatan, pajak, investasi, serta dapat memiliki akses ke dalam sistem keuangan tersebut.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat financial literacy, financial attitude, dan financial behavior; pengaruh financial literacy terhadap financial behavior secara parsial; pengaruh financial attitude terhadap financial behavior secara parsial; serta pengaruh financial literacy dan financial attitude terhadap financial behavior secara simultan siswa/i Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bandung.
Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif, dengan pengambilan data melalui penyebaran kuesioner. Kuesioner disebarkan kepada 400 orang responden yang dipilih secara acak pada beberapa SMP di Kota Bandung. Digunakan skala pengukuran likert untuk mengukur variabel-variabel yang ada.
Untuk menguji validitas digunakan Pearson Product Moment dan Cronbach’s Alpha untuk menguji realibilitas instrumen. Dilakukan analisis deskriptif untuk mengetahui kategori masing-masing variabel. Uji asumsi klasik digunakan untuk mengetahui kondisi sampel yang diambil. Uji regresi linear berganda untuk menguji pengaruh, t-test untuk mengatahui pengaruh variabel bebas secara parsial, dan f-test untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara simultan.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa financial literacy berpengaruh signifikan terhadap financial behavior secara parsial, begitupun halnya dengan financial attitude. Secara simultan, financial literacy dan financial attitude juga berpengaruh terhadap financial behavior.