Pada era industri kreatif saat ini, inovasi produk merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh seorang pengusaha untuk mendapatkan keunggulan bersaing (Sunyoto, 2015: 41). Tuntutan tersebut berlaku untuk seluruh industri, termasuk UKM “Duren Kamu Pasti Kembali” (UKM “Duren KPK”).
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana inovasi produk pada UKM “Duren KPK”, bagaimana keunggulan bersaing pada UKM “Duren KPK”, serta bagaimana pengaruh dan seberapa besar pengaruh inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada UKM “Duren KPK” di Kota Serang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif - kausalitas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling jenis sampling jenuh, dengan jumlah responden sebanyak 19 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji t, inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing pada UKM “Duren KPK” di Kota Serang. Berdasarkan koefisien determinasi, didapat bahwa inovasi produk pada UKM “Duren KPK” mampu menjelaskan keunggulan bersaing sebesar 77,8%, dan sisanya sebesar 22,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti faktor orientasi pasar, kreativitas produk, dan keberagaman produk.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu inovasi produk pada UKM “Duren KPK” sudah termasuk kedalam kategori baik, namun ada beberapa item yang perlu diperbaiki seperti inovasi produk yang masih mudah untuk ditiru oleh pesaing lainnya, dan harga produk yang belum terjangkau.
Kata kunci :Inovasi produk, keunggulan bersaing, orientasi pasar, kreativitas produk, dan keberagaman produk.