Munculnya brand-brand gadget dan smartphone membuat konsumen lebih mempertimbangankan brand mana yang akan dipilih. Pertimbangan tersebut muncul dengan disertai keterikatan yang ada pada konsumen dengan brand. Keterikatan juga muncul dari emosi konsumen akan suatu brand. Emosi tersebut disebut dengan emotional brand attachment yang menggambarkan bagaimana perasaan konsumen terhadap sebuah brand.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh emotional brand attachment terhadap consumer-based brand equity Apple dengan consumer satisfaction sebagai mediator. Variabel independen dalam analisis ini adalah emotional brand attachment, variabel dependen yaitu consumer-based brand equity, dan consumer satisfaction sebagai variabel mediator.
Sampel penelitian ini adalah pelajar dan mahasiwa/i konsumen produk dari brand Apple yang berada di Jawa Barat. Sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner sebanyak 150 kuesioner secara langsung oleh peneliti. Metode yang digunakan yaitu path analysis dengan pengujian statistik uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa emotional brand attachment tidak signifikan terhadap consumer-based brand equity secara langsung, emotional brand attachment positif signifikan terhadap consumer satisfaction secara langsung, dan emotional brand attachment positif signifikan terhadap consumer-based brand equity melalui consumer satisfaction.
Kata kunci: emotional brand attachment, consumer satisfaction, consumer-based brand equity.