Kondisi persaingan bisnis yang semakin ketat dan meningkatnya kreatifitas di Bandung menuntut para pelaku bisnis khususnya di bidang kuliner untuk berinovasi agar bisa menarik konsumen dan membuat bisnisnya bertahan. One Eighty Coffee and Music merupakan salah satu café yang berinovasi dengan memiliki konsep unik. Namun, selain hal yang unik, terdapat faktor lain yang mendorong perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian di suatu café. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang paling dominan dan signifikan dalam mendorong keputusan pembelian di One Eighty Coffee and Music.
Penelitian ini berjenis deskriptif, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Skala pengukuran pada penelitian ini adalah skala Likert. Populasi pada penelitian ini yaitu, konsumen One Eighty Coffee and Music dengan total sampel sebanyak 100 responden. Teknik sampling yang digunakan merupakan non probability sampling dengan salah satu jenis pengelompokkannya yaitu accidental sampling. Proses pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis faktor dengan menggunakan SPSS 23 untuk pengolahan datanya.
Pada penelitian ini diketahui terdapat 4 komponen baru yang mendorong konsumen untuk melakukan pembelian di One Eighty Coffee and Music. Empat komponen yang dapat mencakup semua faktor tersebut adalah hedonis, ketersediaan & melayani, promosi & periklanan, dan manfaat kesehatan. Berdasarkan hasil perhitungan loading factor, faktor manfaat kesehatan merupakan faktor yang paling dominan dan signifikan dalam mendorong keputusan pembelian di One Eighty Coffee and Music, artinya konsumen melakukan pembelian di One Eighty Coffee and Music karena konsumen sadar akan kesehatan diri dan One Eighty Coffee and Music dipercaya memiliki menu sehat yang dapat memenuhi keinginan konsumen dalam menjaga kesehatan diri dan keinginan mengonsumsi produk yang sehat. Oleh karena itu, One Eighty Coffee and Music diharapkan menyediakan hidangan yang dapat memenuhi kesehatan bukan sebatas mengenyangkan, tetapi juga membuat konsumen sehat.
Kata kunci : Perilaku konsumen, keputusan pembelian, analisis faktor, One Eighty Coffee and Music.