ABSTRAK
Kegiatan CSR di Indonesia merupakan suatu hal yang wajib dijalankan setiap perusahaan. Merupakan suatu kewajiban perusahaan untuk peduli akan lingkungan sekitarnya bukan hanya dengan profit yang perusahaan peroleh saja. Seperti halnya yang akan penulis teliti dalam penelitian ini adalah kegiatan CSR Pemberdayaan Desa yang akan dijalankan dalam suatu program yaitu Kampung PAMA Berdikari yang merupakan kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan PT.Pamapersada Nusantara. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menciptakan kemandirian masyarakat dari segi lingkungan maupun ekonomi. Penelitian yang diteliti mengungkapkan mengenai strategi komunikasi CSR dan Implementasi strategi komunukasi CSR yang dilakukan dalam kegiatan program Kampung PAMA Berdikari di Kampung Bulakan Asri, Desa Cilongok Langgongsari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Metode yang peneliti gunakan adalah metode studi kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan paradigma Postpostivisme. Data yang diperoleh dalam penelitian ini didapatkan melalui observasi, survey ke lapangan, melakukan wawancara, serta studi dokumen. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi CSR pemberdayaan desa terkait perencanaan dan implementasinya pada pelaksanaan program Kampung PAMA Berdikari. Dimana strategi komunikasi yang dilakukan merupakan penyampaian pesan melalui para tokoh desa. Peneliti pun dapat menyimpulkan bahwa strategi komunikasi dapat diterima secara positif oleh masyarakat dan sudah sesuai dengan waktu yang ditargetkan, namun pencapaian target sertifikasi masih belum dapat diwujudkan pada tahun 2018.
Kata kunci: Strategi Komunikasi CSR, Pemberdayaan desa, CSR