Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ritel Tunanetra (Studi di SMPLB dan SMALB SLBN A Kota Bandung)

PUSPITA SYIFA MARDIKA

Informasi Dasar

108 kali
19.04.1419
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Manusia dengan berbagai keterbatasannya tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa pihak atau orang lain, oleh karena itu perusahaan ritel atau pengeceran hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dengan menyediakan barang atau jasa yang akan dipergunakan oleh konsumen akhir dan bersifat nonbisnis. Perusahaan ritel harus mengenali perilaku konsumennya, karena setiap konsumen memiliki karakteristik dan sifat tersendiri, sehingga cara melayani mereka akan berbeda-beda, termasuk salah satunya yaitu konsumen ritel disabilitas yaitu tunanetra yang memiliki keterbatasan dalam pengelihatan, sehingga ketersediaan pelayanan dan fasilitas untuk mereka akan berbeda. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara bauran pemasaran (X) terhadap keputusan pembelian konsumen ritel tunanetra pada siswa SMPLB dan SMALB di SLBN A Kota Bandung (Y), sehingga perusahaan ritel mengetahui konsep marketing mix berpengaruh atau tidak kepada konsumen ritel tunanetra yang berbeda dengan konsumen ritel pada umumnya, juga untuk mengetahui strategi pemasaran yang lebih baik untuk konsumen ritel tunanetra. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik sampling non probability sampling, yaitu sampel jenuh sebanyak 51 orang pada siswa SMPLB dan SMALB di SLBN A Kota Bandung, dengan teknik analisis deskriptif dan regresi linear sederhana. Hasil uji hipotesis mengindikasikan terdapat pengaruh bauran permasaran terhadap keputusan pembelian konsumen ritel tunanetra, dengan hasil thitung>ttabel (14.01>2.00958), kemudian koefisien determinasi bauran pemasaran memberikan pengaruh sebesar 60.99% terhadap keputusan pembelian konsumen ritel tunanetra pada siswa di SMPLB dan SMALB SLBN A Kota Bandung dan sisanya 39.01% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Konsumen Tunanetra, Ritel

Subjek

Marketing - communication
 

Katalog

Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ritel Tunanetra (Studi di SMPLB dan SMALB SLBN A Kota Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUSPITA SYIFA MARDIKA
Perorangan
IRA DWI MAYANGSARI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini