Representasi Gaya Hidup Konsumtif Dalam Iklan Televisi Bukalapak Versi "Bukalapak Emang Cincai"

ALFARINO AGNES CHRISTYASMARA

Informasi Dasar

79 kali
19.04.1434
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Iklan saat ini banyak ditampilkan melalui media massa seperti televisi. Iklan disampaikan secara persuasif dengan tujuan mempengaruhi khalayak untuk terus-menerus membelanjakan uangnya guna membeli sebuah produk atau jasa. Kebiasaan masyarakat yang membelanjakan uangnya secara berlebihan dapat memunculkan sebuah gaya hidup konsumtif. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui representasi gaya hidup konsumtif pada tataran denotasi, konotasi, dan mitos dalam iklan televisi Bukalapak versi “Bukalapak Emang Cincai”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivisme dan teknik analisis data menggunakan semiotika Roland Barthes. Dalam menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber berupa adegan dalam iklan televisi Bukalapak versi “Bukalapak Emang Cincai” dan referensi ilmiah terkait serta relevan dengan penelitian. Hasil penelitian pada tataran denotasi menunjukkan bahwa Bukalapak menyediakan berbagai barang-barang dengan harga murah dan iklan ini mengajak para khalayak untuk belanja online melalui aplikasi Bukalapak. Pada tataran konotasi menunjukkan model iklan selalu belanja online melalui aplikasi Bukalapak menggunakan handphone, menyediakan berbagai barang-barang yang dapat diakses oleh semua kalangan usia baik pria maupun wanita, dan mengajak generasi baby boomers untuk belanja online di Bukalapak. Hal tersebut dapat memicu pola hidup yang semakin konsumtif dalam belanja online disemua kalangan usia. Mitos gaya hidup konsumtif yang terbentuk adalah masyarakat tidak lagi melihat barang berdasarkan kebutuhan, tetapi berdasarkan kemauan. Kata kunci : Representasi, Gaya Hidup Konsumtif, Iklan Televisi, Semiotika Roland Barthes.

Subjek

ADVERTISING IN TELEVISION
 

Katalog

Representasi Gaya Hidup Konsumtif Dalam Iklan Televisi Bukalapak Versi "Bukalapak Emang Cincai"
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALFARINO AGNES CHRISTYASMARA
Perorangan
Sylvie Nurfebiaraning
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • SK412333 - MANAJEMEN PERIKLANAN
  • SK314022 - PERILAKU KONSUMEN
  • SK812326 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini