Penelitian ini bertujuan untuk memotret model bisnis Onny Catering Service dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas 3.0. Kemudian bisnis model ini akan dievaluasi melalui analisis SWOT, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, dan QSPM untuk menentukan strategi mana yang terbaik untuk direkomendasikan pada UMKM Onny Catering Service sehingga mendapatkan potret Business Model Canvas Innovation 3.0 yang baru. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, studi pustaka, dan kuisioner.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model bisnis dari Onny Catering Service saat ini sudah baik. Dilihat dari Matriks IFE dengan total skor sebesar 3,46563 dan Matriks EFE sebesar 3,35007 mengindikasikan bahwa Onny Catering Service mempunyai faktor internal dan eksternal yang baik. Berdasarkan total skor Matriks IFE dan EFE, pada gambaran Matriks IE, Onny Catering Service berada pada sel 1 dan merupakan divisi 1. Dalam divisi 1, ada 3 alternatif strategi yang cocok untuk diterapkan, yaitu Market Penetration, Market Development, dan Product Development. Berdasarkan Hasil QSPM, Onny Catering Service cocok untuk menggunakan strategi Market Development dengan perolehan Total Attractiveness Score (TAS) tertinggi sebesar 9,49375. Setelah itu strategi Market Development diterapkan pada Business Model Canvas Innovation 3.0 sehingga menjadi model bisnis yang baru.
Kata kunci : BMC 3.0, IFE, EFE, IE, QSPM