Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, persaingan dalam mengisi pasar kerja terbuka akan semakin ketat, perguruan tinggi diharapkan dapat melahirkan atau menciptakan wirausahawan baru yang dapat berguna dalam menghadapi hal tersebut. Dengan melakukan strategi penilaian dan perencanaan kewirausahaan terhadap diri sendiri (personal entrepreneurial strategy) diharapkan dapat menjadi awalan bagi mahasiswa ataupun wirausahawan pemula untuk dapat menjadi wirausahawan yang sukses kedepannya. Oleh karna itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi mahasiswa corporate development 9 Universitas Telkom tentang personal entrepreneurial strategy.
Crafting a Personal entrepreneuraial strategy terdiri dari lima variabel yaitu: profiling the past, profiling the present, getting constructive feedback, putting it all together dan thinking ahead. Kelima variabel tersebut diharapkan dapat mengetahui persepsi mahasiswa mengenai kewirausahaannya.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa corporate development 9 magister manajemen universitas Telkom sebanyak 9 orang. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kombinasi dengan metode triangulasi konkuren yang menggabungkan metode kualitatif serta kuantitatif menggunakan alat pengumpulan data kuesioner serta wawancara kepada responden.
Berdasarkan kuadran antara kecocokan entrepreneur dengan peluang usaha, diketahui bahwa mahasiswa Corporate Development 9 Universitas Telkom berada pada kuadran potential for triples and home run yang berarti mereka memiliki potensi dan juga kemauan untuk menjadi seorang wirausahawan yang berhasil.
Kata kunci: kewirausahaan, personal entrepreneurial strategy, mahasiswa berwirausaha.