PENGARUH KUALITAS PRODUK KARTU PRA BAYAR simPATI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI DESA CIGUGURGIRANG KECAMATAN PARONGPONG KABUPATEN BANDUNG BARAT

SUSI TRESNAWATI

Informasi Dasar

83 kali
19.04.1649
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul Pengaruh Kualitas Produk Kartu Pra Bayar simPATI Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Desa Cigugurgirang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas produk simPATI di Desa Cigugurgirang, kepuasan pelanggan terhadap produk simPATI di Desa Cigugurgirang, dana pengaruh kualitas produk simPATI terhadap kepuasan pelanggan di Desa Cigugurgirang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini akan menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas produk sebagai variabel bebas (variabel X) dan kepuasan pelanggan sebagai variabel terkait (variabel Y). Teknik pengambilan populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probibabilitas sampling yaitu teknik incidental sampling. Jumlah sampel yang diteliti adalah sebesar 96 responden. Pengumpulan data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan, uji validitas dan reabilitas. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriPtif, pengskalaan MSI, analisis linier sederhana, uji hipotesis, analisis koefisien determinasi dan uji asumsi klasik. Kualitas produk adalah kemampuan suatu produk untuk melaksanaan fungsinya, meliputi daya tahan, keandalan, ketepatan, kemudahan, operasi dan perbaikan serta atribut lainnya. (Kotler dan Amstrong 2006:354) dan Kepuasan Pelanggan Kotler (2011) mengatakan bahwa : “kepuasan konsumen merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan antara kinerja produk yang ia rasakan dengan harapannya.” Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara stimulan variable kualitas produk kartu pra bayar simPATI berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung (6.125)> ttabel(1.985). Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa secara parsial, variable kualitas produk terdapat pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Dari pengamatan hal pertama yang membuat reponden kartu pra bayar simPATI di Desa Cugugurgirang merasa puas adalah kualitas dari produknya. Kesimpulan penelitian ini, Kualitas produk kartu pra bayar simPATI secara keseluruhan berada dalam kategori cukup. Hal ini menunjukan bahwa kartu pra bayar simPATI di Desa cigugurgirang sudah memiliki standar kualitas yang cukup baik. Kepuasan pelanggan terhadap kartu pra bayar simPATI secara keseluruhan berada dalam kategori tinggi atau baik. Hal ini menunjukan bahwa responden merasa puas terhadap kartu pra bayar simPATI, diukur dari tingkat kepuasan dalam harapan, emosional, minat pembelian ulang dan merekomendasikan kepada kerabat dan keluarga. PT Telkomsel disarankan untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk kartu pra bayar simPATI. Dalam meningkatkan kualitas produk, perusahaan harus memperhatikan dimensi-dimensi yang ada. Diantaranya kinerja, ciri-ciri atau keistimewaan, kesesuaian dengan spesifikasi, kehandalan, daya tahan, estetika, kualitas yang dipersepsikan dan serviceability. Dan perusahaan dapat lebih meningkatkan kepuasan pelanggan yang sudah puas di mata responden seperti meningkatkan pelayanan yang diberikan sesuai dengan yang di harapkan oleh pelanggan agar dapat membuat pelanggan lebih merasa senang atau bangga sehingga kedepan bisa berada dalam kategori sangat baik.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Kartu Prabayar simPATI, Kepuasan Pelanggan

Subjek

MARKETING MIX-PRODUCT
 

Katalog

PENGARUH KUALITAS PRODUK KARTU PRA BAYAR simPATI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI DESA CIGUGURGIRANG KECAMATAN PARONGPONG KABUPATEN BANDUNG BARAT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SUSI TRESNAWATI
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini