PENGARUH FINANCIAL KNOWLEDGE, FINANCIAL ATTITUDE DAN EXTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP PERSONAL FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR (Studi Pada Masyarakat Usia Produktif Kota Medan Tahun 2018)

RASYHID GHANI PRYOTOMO

Informasi Dasar

19.04.1656
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tingginya populasi usia produktif di Indonesia tidak diimbangi dengan minat atau pengetahuan masyarakatnya terhadap produk-produk keuangan dan perencanaan keuangan jangka panjang. Disisi lain masyarakat Indonesia cenderung semakin konsumtif setiap tahunnya, budaya konsumtif terus meningkat namun budaya untuk menabung dan merencanakan keuangan jangka panjang menurun selama tiga tahun terakhir. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh financial knowledge, financial attitude, dan external locus of control terhadap personal financial management behavior pada masyarakat usia produktif di Kota Medan. Dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 400 orang dengan rentang usia 15-54 tahun di Kota Medan. Kuesioner dan dokumen digunakan sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini. Product Moment digunakan untuk menguji validitas kuesioner penelitian dan Cronbach Alpha digunakan untuk menguji realibilitas instrumen pernyataan. Untuk menguji pengaruh dilakukan dengan menggunakan Uji Regresi Linear Berganda. Uji-t digunakan untuk menguji hipotesis secara parsial, sedangkan Uji-F digunakan untuk menguji hipotesis secara simultan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa financial knowledge dan financial attitude berpengaruh secara signifikan terhadap personal financial management behavior sedangkan untuk external locus of control tidak berpengaruh signifikan terhadap personal financial management behavior. Kata Kunci: financial knowledge, financial attitude, external locus of control, personal financial management behavior.

Subjek

FINANCIAL MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH FINANCIAL KNOWLEDGE, FINANCIAL ATTITUDE DAN EXTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP PERSONAL FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR (Studi Pada Masyarakat Usia Produktif Kota Medan Tahun 2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RASYHID GHANI PRYOTOMO
Perorangan
ANDRIETA SHINTIA DEWI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini