Interaksi sosial dan komunikasi diperlukan untuk memahami perilaku dan kepribadian manusia karena kepribadian adalah salah satu aspek yang mempengaruhi agar dapat mengenali karakter dan sifat dari seseorang. Dan salah satu media yang sangat populer dalam media komunikasi antar manusia adalah Instagram. Khusus pada Instagram, jejaring sosial yang satu ini merupakan platform yang sedang naik daun dan populer yang sudah dipakai oleh 400 juta pengguna aktif. Dalam prosesnya, penulis melakukan klasifikasi kepribadian menjadi 5 kategori, yaitu high introvert, high extrovert, low introvert, low extrovert, dan ambivert. Setelah melewati proses pertama, jenis kepribadian tersebut dikonversi menjadi 3 golongan atau kategori, yaitu ekstrovert, introvert, dan ekstrovert. Penelitian ini diharapkan membantu untuk pengenalan karakteristik melalui jejaring sosial yang sedang populer saat ini, yaitu Instagram. Kemudian, caption yang ditulis dan diunggah oleh pengguna Instagram sentimen terkait karakteristik dari pengguna itu sendiri dapat dianalisis secara otomatis. Dari penelitian terdapat beberapa hasil yang ditemukan. Pertama, ditemukan jumlah per jenis atribut yang terbagi menjadi 5 kategori yaitu high ekstrovert, low ekstrovert, ambivert, low introvert, high introvert. Ditemukan bahwa pengguna yang masuk ke dalam kategori high ekstrovert berjumlah 260, low ekstrovert berjumlah 654, ambivert berjumlah 451, low introvert berjumlah 50 dan high introvert berjumlah 90. Dan penemuan yang lain adalah didapatkan hasil akurasi 9.1% dari 5 kali percobaan, yaitu 26 untuk test 1, 26 untuk test 2, 0 test 3, 15 untuk test 4, dan 71 untuk test 5 dengan jumlah 138.
Kata kunci : Instagram, platform, jejaring sosial, sentimen, komunikasi, karakteristik