ABSTRAK
PERANCANGAN PROMOSI PROGRAM TEMATIK HUTAN MANGROVE MUARA TAWAR BEKASI
Fitriani Latifah, 1601152499, 2015, Program Studi Desain Komunikasi Visual jurusan Advertising Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom. Judul penelitian yang diangkat adalah Perancangan Promosi Wisata Hutan Mangrove Muara Tawar di Kabupaten Bekasi.
Wisata Alam Hutan Mangrove Muara Tawar merupakan salah satu Wisata yang berbeda dengan tempat Wisata yang berada di Bekasi. Wisata ini berada di Kp. Paljaya Rt. 01 Rw. 01 Desa Segara Jaya, Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi. Kawasan ini berada di bibir laut sehingge memiliki udara yang sejuk. Berdasarkan dari fenomena yang saat ini terjadi bahwa setiap wisatawan senang berlibur ke tempat-tempat yang alami sehingga para wisatawan senang mengabadikan moment-moment bila berada disuatu tempat, bahkan wisatawan tersebut tidak sungkan untuk membagikan foto mereka ke media sosial. Maka berdasarkan latar belakang diatas bahwa Wisata Alam Hutan Mangrove Muara Tawar ini memiliki spot foto yang tidak kalah dengan tempat wisata lainnya. Namun pengunjung yang datang ketempat ini tidak banyak karena pengunjung yang datang hanya mengetahui tempat Wisata ini dari orang yang sudah pernah datang tempat ini. Jadi, Tempat wisata ini belum banyak yang mengetahui. Sehingga belum adanya upaya promosi yang dilakukan oleh pihak tersebut. Dalam perancangan promosi ini penulis melakukan observasi, wawancara, dan kuesioner. Tujuan penelitian ini adalah Terlaksananya Perancangan Promosi yang tepat untuk meningkatkan jumlah pengunjung kepada tempat wisata alam Hutan Mangrove Muara Tawar di Kabupaten Bekasi. Media utama Promosi ini yaitu sebuah Program Tematik yang memberikan pengalaman serta kesan yang menarik kepada pengunjung secara langsung, dan poster sebagai media informasi.
Kata Kunci: Promosi, Wisata, alam, edukasi, Mangrove Muara Tawar