Pengembangan teknilogi selama bertahun – tahun adalah kunci utama untuk meningkatkan belanja online. Hasilnya, perbelanjaan produk dan jasa sudah bisa dilakukan secara online pada mobile phone. Hal ini menjadi adanya pengalaman dalam belanja online melalui mobile phone hampir menguasai seluruh pasar. Traveloka sebagai penguasa belanja travel online dengan pengunduhan aplikasi tertinggi, mempunyai peluang dan potensi besar dimasa depan untuk lebih berkembang lagi dan mampu bersaing dengan kompetitor sejenis.
Penelitian ini menggunakan SEM-PLS untuk mengetahui pengaruh ‘Appscape’ terhadap Adopsi Aplikasi Mobile dan M-Loyalty pada pengguna Aplikasi Traveloka di Indonesia. Menggunakan metode kuantitatif, menyebarkan kuisioner kepada 400 responden. Menggunakan skala likert dengan jenis quota sampling. Teknik analisis data dengan Structural Equation Model diolah dengan SmartPLS versi 3.0.
Hasil penelitian ini menyatakan, seluruh dimensi ‘Appscape’ berpengaruh secara positif signifikan terhadap perceived ease of use. Coherence dan legibility berpengaruh secara positif signifikan terhadap Perceived Usefulness dan Perceived Enjoyment. Perceived ease of use berpengaruh secara positif signifikan terhadap Perceived Usefulness dan Perceived Enjoyment. seluruh dimensi adopsi aplikasi mobile berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap M-Loyalty. Perceived Usefuness memediasi secara signifikan hubungan antara legibility dengan m-loyalty. Perceived Ease of Use memediasi secara signifikan hubungan coherence dan legibility dengan m-loyalty. Perceived Enjoyment memediasi secara signifikan hubungan coherence dan legibility dengan m-loyalty. Complexity tidak berpengaruh positif signifikan terhadap perceived usefulness dan perceived enjoyment. Perceived Usefulness tidak memediasi hubungan complexity dan coherence dalam ‘Appscape’ dengan m-loyalty. Perceived Ease of Use dan Perceived Enjoyment tidak memediasi hubungan complexity dengan m-loyalty.
Kata kunci: Appscape, M-Loyalty, Travel Application, M-commerce, SEM-PLS