PENGELOMPOKAN DATA GURU DI INDONESIA MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING

FADLI IDRIS

Informasi Dasar

82 kali
19.04.1900
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Permasalahan pendidikan di Indonesia masih terpaku pada persoalan dasar seperti kekurangan jumlah guru. Akibat kurangnya pembangunan mutu pendidikan, secara kuantitas timbul ketimpangan rasio guru dan murid yang sangat menonjol di provinsi-provinsi di luar pulau Jawa. Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan aplikasi clustering data guru di Indonesia. Di sisi lain, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis data guru dan persebaran guru di Indonesia baik secara kualitas maupun kuantitas serta menganalisis kestabilan cluster dari aplikasi clustering yang dikembangkan. Pengelompokan tersebut menggunakan metode clustering dengan algoritma K-Means sebagai dasar pengelompokannya. Dari dengan hasil penelitian dapat dilihat masih terjadi kesenjangan kualitas dan kuantitas guru di Indonesia. Selain itu, dari stabilitas clustering didapat standar deviasi terendah 0,5 dan tertinggi 5,8.

Subjek

Machine Learning
 

Katalog

PENGELOMPOKAN DATA GURU DI INDONESIA MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FADLI IDRIS
Perorangan
FAIRUZ AZMI, PURBA DARU KUSUMA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CEH4F3 - PEMBELAJARAN MESIN
  • TKI4F3 - PEMBELAJARAN MESIN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini