Komunikasi merupakan suatu hal yang penting, seiring adanya perkembangan teknologi penyampaian informasi menjadi semakin mudah dengan menggunakan media sosial. Nasi goreng mafia menggunakan media sosial untuk mengenalkan dan memasarkan produknya, kegiatan komunikasi pemasaran tersebut dilakukan secara konsisten oleh nasi goreng mafia melalui media sosial instagram untuk membangun kesadaran merek dan mengajak konsumennya dapat berinteraksi lebih dekat dengan tujuan dapat memperkuat brand equity. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media sosial instagram terhadap brand equity nasi goreng rempah mafia. Responden penelitian ini yaitu followers instagram nasi goreng mafia sebanyak 100. Berdasarkan hasil rekapitulasi menunjukkan bahwa variabel media sosial instagram mendapatkan tanggapan sebesar 79,5% termasuk dalam kategori baik. Sedangkan pada hasil rekapitulasi variabel brand equity mendapatkan tanggapan sebesar 83% termasuk dalam kategori sangat baik. Pada pengujian korelasi didapatkan nilai sebesar 0.745 tingkat korelasi di antara kedua variabel memiliki derajat hubungan yang kuat. Berdasarkan hasil koefisien determinasi didapatkan nilai pengaruh media sosial instagram terhadap brand equity nasi goreng rempah mafia sebesar 55.5%.
Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, Ekuitas Merek