PENGARUH BAURAN PEMASARAN OTA TERHADAP RESERVASI KAMAR HOTEL (STUDI KASUS HOTEL BERBINTANG DI BALI)

ADIVA RIZKY MUHAMMAD

Informasi Dasar

125 kali
19.04.2019
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Semakin banyak jumlah pengguna internet dan jumlah wisatawan di Indonesia, memberikan potensi terhadap bisnis berbasis online, terutama di bidang akomodasi dan hotel yang biasa disebut online travel agent. Dilihat dari pertumbuhan yang signifikan, muncul persaingan yang ketat pada online travel agent yang membuat setiap agen perjalanan online saling bersaing dari segi harga maupun promosi yang dilakukan guna menarik perhatian dari konsumen, selain itu dari segi strategi, kualitas produk, fitur aplikasi, dan aplikasi OTA harus dapat memberikan kemudahan penggunaan bagi konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pemasaran OTA mempengaruhi terhadap reservasi kamar hotel dengan studi kasus pada hotel berbintang di Bali yang dilakukan pada variabel 7P. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengambilan data pada penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan metode simple random sampling dengan mengambil sampel terhadap 385 responden di Indonesia yang melakukan reservasi kamar hotel di Bali melalui Online Travel Agent. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan metode analisis PLS (Partial Least Square) dengan program SmartPLS 3.0 untuk mengumpulkan kausalitas dalam model yang sudah diperoleh. Model penelitian ini menggunakan teori Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dengan variabelnya, yaitu product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence. Hasil penelitian menunjukkan , dari 7 variabel dalam bauran pemasaran yang diteliti yaitu product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence, terdapat lima variabel yaitu product, place, people, process dan physical evidence yang berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel price dan promotion dalam penelitian ini tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian, variabel physical evidence berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian memiliki nilai tertinggi diantara variabel lainnya dalam hipotesis penelitian. Hal ini dapat dijadikan referensi bagi OTA agar terus meningkatkan performa yang terdapat pada variabel physical evidence seperti, menampilkan bukti transaksi konsumen, desain aplikasi dan website yang menarik, menyediakan tutorial bagi pengguna baru, dan kesesuaian hotel yang dipasang pada aplikasi dan website dengan kenyataannya, karena dapat meningkatkan keputusan pembelian secara signifikan.

Kata Kunci: bauran pemasaran; Online Travel Agent; PLS

Subjek

Management - business
 

Katalog

PENGARUH BAURAN PEMASARAN OTA TERHADAP RESERVASI KAMAR HOTEL (STUDI KASUS HOTEL BERBINTANG DI BALI)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADIVA RIZKY MUHAMMAD
Perorangan
Achmad Manshur Ali Suyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini